Kamis, 30 Agustus 2012

Penyakit XP pada film Taiyou no Uta

  

Di postingan kali ini saya akan membahas mengenai film jepang (J-Movie) yg berjudul “Taiyou no Uta” (Midnight Sun) atau dlm bahasa Indonesia disebut “Nyanyian unt matahari”, serta penyakit XP yg ada di film ini.. 


Film ini membahas seseorang gadis yang kehidupannya terbelengu oleh penyakit XP yang dideritanya.. Apa itu penyakit XP (nanti saya jelaskan di belakang.. eh, belakangan maksudnya..). Film taiyo no Uta ini menurut saya adalah salah satu film paling sedih yg pernah saya tonton.. Saya tertarik unt menyajikannya di blog saya (emangnya makanan disajikan), karena artis utamanya adalah penyanyi favorit saya YUI… 

Pertama saya mendapatkan film ini dari teman saya.. Awalnya sih gak tertarik, apalagi film sedih, dan saat itu dia belum punya tali unt menarik #lho.. Kenapa saya jadi tertarik dan akhirnya nonton? Jelas bukan karena dia nemuin tali unt narik saya, tapi karena mendengar OST film ini.. 

OST film ini adalah lagu yg dinyanyikan oleh sang artis sendiri yaitu YUI, judulnya “Goodbye days”.. Video klip lagu ini merupakan cuplikan dari film itu.. Lagu ini diputer terus menerus oleh teman saya (diputer tu maksudnya play di winamp ya, bukan diputer pake blender), dan akhirnya ini lagu menempel di otak saya bagaikan cewek2 yg nempel di ketek cowok yg make parfum kapak rasa coklat.. And finally saya penasaran tertarik unt menonton film Taiyou no Uta..

Sebelum beranjak ke kilasan film, saya jelaskan terlebih dahulu penyakit XP

PENYAKIT XP




Sekarang saya akan membahas penyakit XP.. Walau saya bukan dokter (dan saya lulusan kedokteran bangunan alias Teknik Sipil, bukan dokter manusia), tapi saya akan coba jelaskan penyakit XP ini dari beberapa sumber yg saya dapat.. Selain itu saya juga punya kerja sampingan sebagai pengajar di suatu bimbel, selain ngajar Kimia dan fisika, saya juga ngajar biologi, jadi setidaknya saya tau istilah2 biologi, serta istilah genetika (pewarisan sifat)..

Penyakit XP ini secara sederhana adalah penyakit dimana seseorang tidak boleh keluar di siang hari, jadi semua aktifitasnya dilakukan malam hari.. Jadi kehidupan org itu seperti hewan nocturnal seperti kelelawar, burung hantu, dll.. Namun bukan berarti org yg terkena XP bisa berubah menjadi kelelawar seperti drakula, namun org yg kena XP jika terkena sinar matahari, kulitnya akan kering, terbakar, dan pada akhirnya bisa menimbulkan kanker kulit..

Penyakit XP (Xeroderma Pigmentosa), waktu saya tau kepanjangannya, saya mencoba mengartikan artinya.. “Xero” setau saya artinya “kering” (ada di geografi), “Derma” dari kata dermis ya artinya “kulit”, Pigmentosum tu kelainan pigmen.. Pigmen disini bukan manusia babi, melainkan bagian kulit yang memberi warna pada kulit.. Pigmen ini dihasilkan oleh sel-sel melanosit,, melanin ini yg berfungsi melindungi kulit dari sinar UV matahari.. Penyakit XP dapat menimbulkan melanoma (kanker kulit yg berasal dari melanosit, jadi pigmen melanin tidak mampu melindungi kulit dari sinar UV lagi).. Jadi saat itu saya berpendapat XP adalah penyakit kulit berupa kelainan pigmen dan menyebabkan kulit kering..

Secara medis penyakit XP (Xeroderma Pigmentosa) ini berupa kelainan pada DNA (transkrip / cetak biru) sel kulit. Pada orang normal, DNA ini bertugas memperbaiki sel-sel yang rusak.. Tetapi pada penderita XP, DNA ini  tidak normal sehingga tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Ia tidak bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Akibatnya kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar Matahari yg kaya sinar UV. Ambil contoh, misalnya saat kulit kita terkena sinar matahari, kulit kita akan menjadi hitam akibat sel2 kulit yg rusak terkana paparan sinar matahari.. Tapi normalnya kulit menghitam ini akan kembali ke warna semula, karena adanya proses untuk memperbaiki sel-sel kulit yg rusak ini.. Namun, pada penderita XP, perbaikan ini tidak terjadi.. Jika terkena sinar Matahari, sel-sel kulit akan rusak. Freckles (bercak-bercak hitam) akan muncul di kulit yg terbuka.. Bercak-bercak hitam ini memang tidak terasa gatal atau sakit. Tapi jika kulit terus-menerus dibiarkan terpapar sinar Matahari, bisa berbahaya karena dapat berkembang menjadi kanker kulit..


Penyakit XP ini berbeda dari penyakit albino, lupus, porphyria.. Walopun memiliki kesamaan yaitu sensitif terhadap sinar matahari.. Kalau penyakit Porphyria disebabkan oleh kelainan pada bagian dari hemoglobin (komponen sel darah merah yg bertugas mengikat oksigen).. Jadi berbeda dgn XP.. Selain itu, Kanker kulit yg diderita org yg mengidap XP 3x lebih parah dibanding penyakit kulit lainnya, karena jenis kanker kulit yg menyerang lebih dari 1 jenis.. Selain itu penderita XP sama sekali sedikit pun tidak boleh kena sinar matahari..

Penyakit XP merupakan penyakit yang langka dan ditransmisikan (disalurkan) melalui sifat resesif (tak dominan) pada autosom berupa kerusakan pada mekanisme perbaikan DNA. Jadi penyakit ini bersifat penyakit genetik, dan Tidak Menular melalui sentuhan atau udara, namun hanya menurun lewat keturunan.. 


Orang tua dari anak yg menderita penyakit XP belum tentu menderita penyakit XP.. Namun yg pasti ortunya pasti membawa gen resesif penyakit XP, hanya saja karena gen ini bersifat resesif, pasti akan ditutupi oleh gen dominannya, sehingga ortu si anak ini sehat tidak menderita XP, hanya saja sebagai Carrier (pembawa gen XP).. 

Kenapa si anak menderita XP? Karena kedua ortunya sama-sama membawa (carrier) gen resesif XP, lalu menikah, maka masing-masing akan menyumbang satu gen XP kepada anaknya. Itu sebabnya, anak bisa menderita XP meskipun kedua orangtuanya sehat-sehat saja.. (Lihat gambar)



Pernikahan yg menghasilkan anak yg terkena XP, kemungkinan pernikahan dari 2 orang yang masih kerabat dekat, misalnya masih sepupu satu sama lain, sehingga keduanya mungkin membawa gen yang sama (memiliki gen resesif XP)..  Itulah sebabnya kenapa orang Jepang lebih berisiko terkena penyakit ini, karena di Negara tersebut pernikahan antar kerabat merupakan hal yg lazim.. Sedangkan di Negara Indonesia sangat kecil ditemukan org yg menderita penyakit XP..

Karena merupakan penyakit genetik, penderita sudah terjangkit penyakit ini sejak lahir, namun tanda2nya baru muncul saat usia 1-2 tahun berupa bercak hitam pada kulit saat terkena matahari.. Pada akhirnya jika dibiarkan terkena matahari, penyakit XP ini akan berkembang menjadi kanker kulit ganas.. Selain menyerang kulit, XP juga menyerang mata, sehingga mata penderita sangat sensitif pada cahaya (fotophobia) dan rentan terserang kanker mata. Selain mata, bisa juga menjalar ke organ2 lainnya..

Penyakit XP ini tidak bisa disembuhkan, karena sampai sekarang tidak ada obatnya.. Namun penyakit XP ini bisa dikendalikan atau dicegah dengan cara menjauhkan penderita dari sinar matahari.. Penderita tidak boleh terkena dgn intensitas sekecil apapun.. Bahkan sinar matahari pagi pun (yg pada org normal berguna unt pembentukan Vit.D) pada penderita XP harus dihindari sama sekali, tidak boleh ditolerir.. Paparan radiasi UV dalam dosis sangat kecil saja sudah bisa membuat kulitnya bereaksi.. Penderita XP 60% hanya dapat hidup sampai usia 20 tahun. 


Untuk melindungi penderita XP agar penyakitnya tidak makin parah, penderita harus dihindarkan sama sekali dari cahaya matahari.. Pada siang hari penderita hanya boleh berada di dalam rumah dgn kamar yg gelap.. Penderita XP hanya boleh berjalan2 pada malam hari setelah matahari terbenam dan sebelum matahari terbit.. Jika sangat terpaksa keluar di siang hari, penderita harus memakai baju pelindung yang menyerupai baju astronot..

YUI



Sebelum saya beranjak ke film ada baiknya saya membahas mengenai artis favorit saya YUI, yang menjadi pemeran utama film ini.. Nama aslinya adalah YUI Yoshioka, lahir di Fukuoka-Jepang, 26 Maret 1987 (umurnya skrg sekitar 25 Tahun)..  
Tapi, YUI di kehidupan aslinya tidak menderita penyakit XP ya.. Dia cuma berperan sebagai orang yg terkena penyakit XP pada film Taiyou no Uta..

Kenapa saya nge-fans sama YUI ? Karena dia adalah pacar saya #Ngarep (dilempar mengkudu sama anak2 YL).. Alasannya adalah karena dia masih muda tapi Multi-Talented,, selain menjadi penyanyi, dia juga pengarang lagu, music arranger, produser, bintang film, bintang iklan, ahli memainkan gitar, bass, keyboard, piano, drum. Dia juga kawaii (manis n imut) dan kirrei (cantik), cantiknya alami / natural bukan hasil operasi kardus, eh operasi plastik.. 

Dia sudah menelurkan banyak single dan album.. Lagu favorit saya adalah Goodbye days, Life, Tomorrow’s way, I remember you, Again, Rolling Star, Summer song, dll.. Pada saat membintangi film Taiyou no Uta (thun 2006), umurnya baru menginjak karpet, eh menginjak 18-19 Tahun. Kebayang kn, masih muda tapi bener2 hebat..

Sekilas Film Taiyou no Uta




Nah jadi kalian sudah mengenal YUI dan sudah tau apa itu penyakit XP.. sekarang saya uraikan sekilas mengenai film Taiyou no Uta.. 


Jadi film ini bercerita tentang kehidupan Kaoru Amane (diperankan oleh YUI) yang terkena penyakit XP.. Penyakit ini mengharuskannya unt beraktifitas hanya di malam hari.. Film ini dimulai dgn prolog Kaoru yg dari kamar tidurnya di pagi hari melihat cowok impiannya yaitu seorang surfer Koji (diperankan Takashi Tsukamoto) yg sedang duduk di halte bis melalui jendela kamarnya, namun pandangannya terhalangi badan Agung hermules yg lagi ngupil.. eh mksudnya terhalangi tiang rambu perhentian bis.. kemudian dilanjutkan dgn prolog mengenai kehidupan dia di malam hari, berjalan2 di kota yg sudah sepi sambil menenteng gitarnya, dan sesekali duduk bernyanyi lalu memetik gitarnya.. Saat ia akan pulang, ia lalu menggeser rambu bis itu agar di pagi berikutnya dia bisa melihat jelas cowok idamannya...

Di pertengahan cerita ini dilanjutkan dgn pertemuan si Kauro dgn Koji.. Di suatu malam, Kaoru melihat bulu mata anti ranjau Syahrini, eh maksudnya melihat Koji.. Lalu dia mengejar cowok itu sampai akhirnya mereka saling bertabrakan.. Kemudian dia memperkenalkan dirinya, dan dimulailah percakapan konyol itu.. Apa isi percakapan konyol itu? silakan tonton sendiri filmnya.. 
 

Di hari2 berikutnya di malam hari, Kaoru bertemu Koji lagi di Halte bis, Si Koji kagum dgn suara dan lagu yg diciptakan Kaoru, lalu  Koji mengajak Kaoru jalan2 dgn scooternya, dan juga mendengarkan Kaoru pentas di hadapan umum untuk pertama kalinya.. Dan tak disangka banyak pengunjung yg menonton dan kagum dgn lagunya.. Kaoru sangat senang malam itu, selanjutnya di pagi sebelum terbitnya matahari, si Koji mengajak Kaoru ke pantai, saat itu Koji masih belum mengetahui penyakit yg diderita Kaoru.. Menjelang terbitnya matahari, Kaoru pun melihat jam, ia baru tersadar dia sudah berjalan-jalan diluar melebihi jam yg telah ditentukan.. Kaoru pun berlari pulang ke rumahnya, sebelum matahari terbit dan mengenai kulitnya.. Saat itu Koji terheran2 dan berusaha mengejar kaoru dgn scooternya.. 

Apakah Kaoru akan sampai di rumah tepat waktu? Apakah si cowok akan sadar dgn penyakit yg diderita Kaoru? Apakah dia masih mencintai Kaoru setelah mengetahui penyakit yg dideritanya? Akankah Kaoru bisa mewujudkan impiannya sebagai penyanyi? Bagaimanakah akhir ceritanya? Silakan anda tonton sendiri film Taiyou no Uta.. Kalau saya jelaskan semua, nantinya tidak seru lagi, dan keyboard saya keburu jebol..



Sumber :
- wikipedia.com
- detikhealth.com
- wahw33d.blogspot.com

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar