Rabu, 17 Maret 2010

Koleksi Foto Ogoh-ogoh 2010 part II

Untuk bagian kedua kali ini, saya akan memposting foto ogoh-ogoh yang saya ambil di Persimpangan Catur Muka (Alun-alun Kota Denpasar). Ogoh-ogoh ini adalah finalis Grand Final Lomba Ogoh-ogoh se Kota Denpasar. Ada 24 ogoh-ogoh yang masuk ke Grand Final menyisihkan 400 ogoh-ogoh lainnya. Ke 24 ogoh-ogoh ini adalah 6 besar juara di masing2 kecamatan yaitu Denpasar Utara, Timur, Barat, dan Selatan.

Grand Final Lomba Ogoh-ogoh se Kota Denpasar ini diselenggarakan pada saat pengrupukan yaitu tanggal 15 Maret 2010 bertempat di Alun2 lapangan puputan Denpasar. Pawai sebenarnya dimulai saat pukul 4 sore WITA. Namun untuk menghindari macet, saya berangkat kesana jam 9 pagi. Inilah hal yang disayangkan, saya kurang beruntung, karena belum semua ogoh2 finalis ada di sana. Alhasil, saya hanya bisa memotret sebagian ogoh-ogoh finalis saja. Dari 24 ogoh-ogoh, cuma 19 ogoh-ogoh yang berhasil saya potret. Berikut adalah foto-fotonya

Denpasar Utara

1. Banjar Mertha Rauh Kaja


Tema/Judul : Parasu Rama awatara
Lokasi Kreasi : ST. Dharma Wijaya Kusuma, Br. Mertha Rauh Kaja, Desa Dangin Puri Kangin
Ogoh-ogoh ini menceritakan tentang Parasu Rama, sebagai awatara Dewa Wisnu yang turun ke dunia...

2. Banjar Taensiat




Tema/Judul : Ogoh-ogoh Candra Baerawa
Lokasi kreasi: ST Yowana Saka Bhuana, Br. Taensiat, -
Menceritakan tentang ajaran Maha sakti yang dimiliki oleh Sang Salya yang diberikan oleh mertuanya Detya Kala Dharma sebelum meninggalkan dunia, agar dapat melindungi anaknya Dewi Satyawati. Ajian ini dapat merubah wujud Sang Salya menjadi raksasa besar atau pun raksasa kecil.

3.Tema/Judul : -
Lokasi kreasi : -, -, -

4. Banjar Tege

 
Tema/Judul : -
Lokasi kreasi : STT Werdhi Sesana, Banjar Tege,Kelurahan Tonja


5.

Tema/Judul : Rabies
Lokasi kreasi : -, Banjar Sari, Ubung

Bisa di liat itu adalah anjing berkepala tiga yang terinfeksi rabies (dengan detail efek liur yang terbuat dari benang), dikendalikan oleh pengendali yang memegang suntikan vaksin rabies (dilingkari)..

Denpasar Selatan

1. Banjar Taman Sari


Tema/Judul : -
Lokasi Kreasi : -, Br. Taman Sari, Kelurahan Sanur



2. Banjar Singgi



Tema/Judul : -
Lokasi Kreasi : -, Br. Singgi, Kelurahan Sanur


3.

Tema/Judul : -
Lokasi Kreasi : -, -, Sidakarya


4.
Tema/Judul : -
Lokasi Kreasi : -, -, -

5.
Tema/Judul : -
Lokasi Kreasi : -, -, -

6. Banjar Anggarkasih
 
Tema/Judul : Sapuh Leger
Lokasi Kreasi : ST Dharma Yowana, Banjar Anggarkasih, Kelurahan Sanur
Saya tidak tahu tema ogoh-ogoh ini, tapi kalo saya tebak, mungkin ini menggambarkan wayang sapuh leger. Diceritakan Betara Kala akan memangsa Rare Kumara (seorang anak yang dilahirkan di wuku wayang).Yang unik disini ogoh2 ini digambarkan lengkap dengan ogoh-ogoh dalangnya..



Denpasar Barat

1. Banjar Samping Buni


Tema/Judul : -
Lokasi Kreasi : -, Br. Samping Buni, -



2. Banjar Gemeh


Tema/Judul : Marica Lina
Lokasi Kreasi : -, Br. Gemeh,-


3.

Tema/Judul : -
Lokasi Kreasi : -, -, -


4.

Tema/Judul : -
Lokasi Kreasi : -, -, -


Denpasar Timur

1. Banjar Kertapura


Tema/Judul : Ogoh-ogoh Lenda-Lendi
Lokasi Kreasi : ST. Yowana Sanggraha, Br. Kertapura, Desa Kesiman Kertalangu

2. Banjar Dauh Tangluk



Tema/Judul : -
Lokasi Kreasi :
ST Putra Kencana, Br. Dauh Tangluk, Desa Kesiman

3. Banjar Tembau Kelod
 
Tema/Judul : -
Lokasi Kreasi : -, Br. Tembau Kelod, -


4. Banjar Abian Kapas Kaja

 
Tema/Judul : -
Lokasi Kreasi : ST Eka Cita, Br. Abian Kapas Kaja, -



Demikianlah ke 19 ogoh-ogoh yang berhasil saya potret, dari total 24 finalis grand final lomba ogoh-ogoh kota denpasar ini. Sebenarnya ada 5 finalis lainnya yang tidak berhasil saya potret, karena saya datangnya kepagian sehingga belum semua ogoh2 finalis ada di tempat. Denger2 dari temen2, ogoh2 dari Banjar Kepisah dan banjar Kedaton juga masuk Grand Final, foto ogoh2 dari banjar tersebut sudah saya upload sebelumnya di postingan saya yang terdahulu di Koleksi Foto Ogoh-ogoh part I.. Silakan dilihat.. Akhir kata saya ucapkan terima kasih, kalau memungkinkan akan saya posting lagi Koleksi Foto Ogoh-ogoh part III karena masih banyak foto yang belum saya upload...
Bagi yang ingin melengkapi yang kurang-kurang pada postingan ini (nama, tema, asal banjar, dll), silakan post aja di facebook saya..

SELAMAT HARI RAYA NYEPI TAHUN BARU CAKA 1932



NEW !!

Pemenang grand final lomba ogoh-ogoh se kota Denpasar  tahun 2010 (sumber : Radar Bali)

Juara 1 : Banjar Anggarkasih, Sanur (Ogoh-ogoh Sapuh Leger)
Juara 2 : Banjar Taensiat (Ogoh-ogoh Candra Baerawa)
Juara 3 : Banjar Tege, Tonja 

Juara harapan 1 : Banjar Pekambingan
Juara harapan 2 : Banjar Gemeh
Juara harapan 3 : Banjar Abian Kapas Kaja



N/B : Untuk memperbesar (zoom) foto ogoh-ogoh, tinggal klik saja gambar foto ogoh-ogoh yang ingin diperbesar, maka ogoh-ogoh akan terlihat lebih jelas.




Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar