Selasa, 16 Maret 2010

Koleksi Foto Ogoh-ogoh 2010 part I

Siapa yang tak kenal ogoh2... Ogoh2 adalah suatu perlambang dari Bhuta Kala... Ogoh-ogoh biasa dibuat menjelang hari raya Nyepi, dan diarak saat malam sehari sebelum Nyepi atau disebut juga Pengerupukan.

Pada Tahun 2010 ini hari raya Nyepi (Tahun Baru Caka 1932) jatuh pada tanggal 16 Maret 2010. Dua hari sebelum itu saya menyempatkan diri untuk berburu foto ogoh-ogoh.. Untuk bagian pertama ini, rute pemotretan ogoh2 saya mulai dari kawasan Sanur, Batubulan, Sukawati, dan sebagian daerah Denpasar Timur. Namun, untuk di Sukawati tidak sempat difoto karena baterai kamera saya telah tewas duluan...

KAWASAN RENON


Agak terkejut juga mendapati ada sebuah ogoh-ogoh di kawasan Renon. Karena biasanya daerah ini bebas ogoh-ogoh. Foto ini saya ambil di kawasan jalan flamboyan di depan lap. Bajra Sandhi renon.

KAWASAN SANUR


1. Banjar Panti Sanur

Di daerah ini terdapat 3 ogoh-ogoh seperti foto di atas. Salah satu yg cukup unik adalah Kala yg brpakaian SD dan memegang piala...

2. Banjar Buruwan Sanur

Ya ini adalah ogoh2 Upin Ipin kreasi Truna Truni Banjar Buruwan Sanur.. Digambarkan Upin dan Ipin saling gendong (ga tau yg mana Ipin yg mana Upin), membawa layang-layang merah putih (pindah kewarganegaraan kali ya, hehe), dan terdapat HP Blackberry di celananya.

Di atas adalah ogoh-ogoh masih kreasi dari Banjar Buruwan. Mungkin cerita tentang pertapa.

3. Banjar Sindhu Kaja Sanur


Ogoh-ogoh ini menggambarkan Dadap yang lagi mendak ke pura Sakenan naik JetSki sambil membawa gebogan

4. Banjar Taman Sari Sanur

Ogoh-ogoh terbesar yang pernah saya potret. Ogoh-ogoh ini juga merupakan finalis lomba ogoh-ogoh daerah denpasar selatan yang maju ke Grand Final lomba ogoh-ogoh Kota Denpasar.

KAWASAN GIANYAR


Untuk kawasan gianyar, saya hanya sempat memotret ogoh-ogoh dari Banjar Tegal Tamu Batubulan. Sedangkan untuk wilayah
Sukawati, celuk, singapadu tidak sempat saya potret karena tewasnya baterai kamera saya, hehe..

Berikut adalah parade ogoh-ogoh Banjar Tegal Tamu Batubulan


Ogoh-ogoh di atas bertemakan Klinyar Duta (Sesuai yang saya lihat di papan namanya).

Yow.. Bhuta kala lagi main Skate Board... Wakakaka... Ini kreasi banjar Tegal Tamu juga...

Gak tau ini temanya apa.. Sebut aja ogoh-ogoh ngejengit.. Wakaka.. Sangar, ada tato biru di dadanya... Ini kreasi banjar Tegal Tamu juga...

Ogoh-ogoh Ganesha... Ini kreasi banjar Tegal Tamu juga..

Ini ogoh-ogoh hanoman... Kreasi anak2 banjar Tegal Tamu....


KAWASAN DENPASAR TIMUR

Dari Gianyar kita kembali lagi ke Denpasar.. Di daerah tohpati, saya mendapati ogoh-ogoh unik Kala yang menaiki Harley, mungkin terinpirasi dari Death Race.. hahaha...


Selanjutnya saya menyusuri jalan hayam wuruk, dan memotret ogoh-ogoh dari banjar sebagai berikut :

1. Banjar Kepisah


2. Banjar Bengkel



Ogoh-ogoh di atas judulnya unik, "sumbangan peduli Yolanda" hahaha... Lengkap dengan uang-uang yang menempel di pohon pepaya..

3. Banjar Kedaton

Ogoh-ogoh di atas diberi judul Betara Kala Mrih Semaya

4. Banjar Kelandis


5. Banjar Kayumas


Ogoh-ogoh di atas diberi judul Durga Mahisasuramardhini


LAIN-LAIN

Ogoh-ogoh di bawah ini adalah ogoh2 di pinggir jalan WR Supratman. Sekilas terlihat itu adalah ogoh2 yang punya kelamin panjang. Padahal jika dilihat dengan seksama, itu adalah ogoh-ogoh yang naik sapu terbang...


Makanya punya otak jangan ngeres dulu... hehe...


* Demikianlah perburuan atau lebih tepatnya disebut pemotretan ogoh-ogoh untuk bagian pertama. Bagian pertama ini maksudnya adalah menyasar langsung ke lokasi banjar yang bersangkutan. Jika ada waktu akan saya lanjutkan ke part II dan part III. Sekian dan terima kasih

Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1932

N/B : Untuk memperbesar (zoom) foto ogoh-ogoh, tinggal klik saja gambar foto ogoh-ogoh yang ingin diperbesar, maka ogoh-ogoh akan terlihat lebih jelas.

by_Cebz_

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar